Fakta Tentang Komputer Generasi Pertama


Teknolgi semakin berkembang dari waktu ke waktu komputer yang kita pakai sekerang ini merupakan hasil dari sejarah panjang perkembangan teknologi didunia, manusia dari zaman ke zaman terus mengembangkan teknologi menjadi semakin baik,sebagian dari kalian mungkin tau atau pernah mendegar tentang komputer pertama yang pernah di ciptakan manusia, berikut ini fakta tentang komputer generasi pertama.

Ukuran yang besar
Mungkin ini yang  paling kerahu tentang koputer genasipertama,sebagai contoh komuputer yang diciptakan oleh Insinyur Harvard dan IBM bernama Mark1 yang memiliki panjang setengah lapangan bola serta memiliki rentan kabel sepanjang 500mil, gak kebayang kalau dimasa ini orang pakai komputer sebesar ini.

Konsumsi listrik yang boros
Komputer ENIAC dibuat oleh kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania ini 18ribu tabung fakum 70ribu resistor 5juta titik solder, komputer ini mengkonsumsi listrik sebesar160kW, tidak aneh mengigat jumlah komponen yang banyak dan ukurang yang besar.

Komputer mulai di kembangakan pada PD1
Komputer saat itu dikembangkan karena diaggap memiliki potensi yang strategis pada waktu itu, pada PD1 komputer juga pernah digunakan sebagai pemecah kode sandi lawan dan masih bersifat tidak fleksibel karena hanya dapat digunakan sebagai pemecah kode saja.

Penamaan "Komputer"
Komputer sendiri pada awalnya menjadi sebutan bagi orang orang yang melakukan perhitungan aritmatika, seiring perkembangan zaman sebutan tersebut beralih kepada mesin yang melakukan perhitungan.

Memakai kode mesin
Kode mesin ini memiliki banyak keterbatasan sudah di program dan kecepatan yang terbatas, beda dengan sekarang kita tau banyak bahasa pemograman yang ada C++, C, C#, Python, dll

Biaya operasianal tinggi
Seprti yang saya sudah paparkan di atas komputer mengkonsumsi 160kW listrik, proses pengolahan data dan penyimpana data yang masih terbatas tidak sebanding degan biaya operasial yang harus di keluarkan.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Infrared dan NFC

Apakah ASUS Zenfone Laser 2 Memiliki Fitur Auto Cut Off Ketika Baterai Penuh

99 Macam Fungsi dan Kegunaan Raspberry Pi