Perbedaan Infrared dan NFC






Infrared dan NFC merupakan salah satu dari sekian banyak jenis teknologi untuk transfer data nirkabel. nirkabel sediri berarti tanpa kabel mereka megunakan media gelombang tertentu dalam pegunaan nya, pada kehiduan sehari hari biasanya ketiga teknologi ini banyak di terapkan dibarang elektronik seperti hp dan berguna sebagai alat transfer data.

Dari penjelasan singkat diatas kita akan bahas satu persatu.

Yang pertama teknologi infrared (inframerah)
teknologi inframerah mengandalkan gelombang elektromagnetik dengan pajang gelombang antara 700nm sampai 1mm, lebih panjang daripada goleombang sinar tampak dan lebih pendek dari gelombangs radio.

pemanfaatan inframerah banyak kitatwmukan pada kehidupan sehari hari khusus nya pada barang elektronik, seperti remot, alat komunikasi, dan alat keamanan seperti cctv.

keuntungan jika kita mengunaakann inframerah yaitu pengunaan yang praktis dan masih terbilang sederhana, dan relatif lebih aman dari peretasan karena saat terkoneksi reciver dan pemancar harus berhadapan beda degan koneksi radio yang bersifat menyebar dan memiliki cangkupan luas.

kelemahan dari teknologi inframerah ini yaitu pegunaan nya yang kurang fleksible karena harus reciver dan pemancar harus berhadapan, kecepatan trasfer data melalui inframerah lebih lambat, sudah mulai banyak ditinggalkan oleh banyak perangkat teknologi seperti hp bahkan tv.

Teknologi NFC

NFC sendiri sendiri adalah singkatan dari  Near field communication, kalau kita artikan NFC merupakan teknologi koneksi jarak dekat  NFC bekerja pada frekuensi 13.56 MHz, saling berhubingan megunakan gelombang 22.11 MHz

NFC sengaja dibuat sebagai teknologi komunikasi jarak deakat dan terhidar dari interverensi gelombang, pemanfaatan teknologi ini sudah banyak digunakan di kehidupan sehari hari seperti pada hp, mungkin kalain pernah mendegar degan nfc ini kita dapat saling berbagi vidio,foto dengan hanya menempelkan kedua handphone saja.

tidak hanya itu pitu hotel yang dimana kita akan membukanya kita hanya perlu menempelkan kartu ke sensor saja, tidak hanya itu masih banyak lagi seperti parkir otomatis gerbang tol otomatis dan pembayaran seperti kartu e-money dan yang lain nya.


Comments

Popular posts from this blog

Apakah ASUS Zenfone Laser 2 Memiliki Fitur Auto Cut Off Ketika Baterai Penuh

99 Macam Fungsi dan Kegunaan Raspberry Pi