99 Macam Fungsi dan Kegunaan Raspberry Pi



Apa Fungsi dan Kegunaan Raspberry Pi?  Raspberry Pi merupakan komputer kecil seukuran sebuah kartu kredit, sama seperti komputer raspberry juga memiliki hardware seperti procecor, ram, potr usb , LAN. 

Dengan kemiripan nya dengan komputer pada umumnya maka fungsinya juga sama dapat dgunakan utuk server, bermain game, mononton vidio dan aktifitas lain nya yang biasa dilakukan di komputer.

Walaupun kekuatan nya tidak sepowerfull dekstop pc, raspberry tetap bisa menjadi pilihan yang cocok untuk programer hardware, karena harganya yang murah akan lebih tenang jiga di program semau kita.

Raspberry Pi juga bisa di manfaatkan untuk aktifitas yang ringan sepertu . Menjadi NAS (Network Attached Storage), web server, router, media center, TorrentBox .

Walaupun jelas raspberry pi tidak bisa kita bandingkan dengan pc konfensional, tapi banyak sekali hal yang dapat kita lakukan lebih effisien apabila kita menggunakan alat ini.

Komputer mini yang dapat kita gunakan 24jam non stop.

Dengan daya yang relatif kecil maka akan lebih efisien rasaya jika kita menggunakan raspberry ini terusmenerus tanpa henti, tapi perlu diketahui untuk pengoprasian selama 24jam kita juga perlu memodifikasi/menambahkan perangkat pendingin pada alat ini seperti heatsink dan kipas-kipas.

Membuat server berskala kecil

Mungkin Raspberry Pi ini adalah alat yang paling murah yang kita bisa jadikan sebagai file server, kalian dapat gunakan alat ini sebagai server di kantor maupun dirumah, alat ini bisa kita pasangkan hardisk eksternal,jadi memungkinkan kita untuk saling berbagi banyak file dalam satu jaringan server.

dan ini yang paling saya suka.

Sebagai server download

Kalian yang mungkin sering mendownload file-file gajah alias degan size yang bergiga alat ini bija menjadi solusi buat kalian gila download, kanapa saya bilang membantu ?

Banyak orang yang mendownload file gajah dan membiarkan komputer nya menyala terus menerus, yang rata-rata komsumsi pc dekstop berada di kisaran 300W dan gak jarang bisa membuat tagihan listrik jebol.

dengan menggunakan raspberry pi ini yang hanya memerlukan daya dibawah 9W kita dapat menjadikan nya sebagai server download, alat ini nantinya akan kita hubungkan keserver torent untuk mendownload file yang kita inginkan, selain itu kalain juga harus memberi tambahan hardisk exsternal dan pendingin exsta pada raspberry kalian.

kalian dapat biarkan raspberry nya menyala selama berhari-hari tanpa takut tagihan listrik jebol.







6  Kreasi yang dibuat dengan Raspberry Pi


Operation system pada rapsberry pi adalah Raspbian OS yang didasarkan dari Debian. Tapi untuk anda yang tidak terbisa untuk mengunakan os bawaan, kalian juga dapat menginstal os kesukaaan anda contoh nya windows.

Bagian pada raspberry Pi






Raspberry Pi A+ 
Merupakan kelas raspberry pi paling rendah, hanya memiliki ram sebesar 256mb dan tidak memiliki port ethernet, Versi ini hanya cocok untuk proyek yang ringan dan tidak memerlukan power besar pada pemrosesan, contoh nya seperti kontroler robot, rc, dan sistem automation lain nya.
Raspberry Pi B dan B+

Raspberry Pi B+ mempunyai 1 CPU core, 4 port USB, slot kartu micro SD dantidak memerlukan daya besar. Hal ini meningkatkan pada model sebelumnya B yang hanya memiliki 2 port USB, konsumsi daya yang lebih tinggi, ukuran SD Card Slot dan beberapa hal lainnya.







Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Infrared dan NFC

Apakah ASUS Zenfone Laser 2 Memiliki Fitur Auto Cut Off Ketika Baterai Penuh